KISI-KISI INSTRUMEN
TES MATEMATIKA
KOMPETENSI
PENALARAN
Tingkat : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester : VIII/ I
Pokok Bahasan : Relasi dan Fungsi
Standar Kompetensi : Memahami bentuk aljabar, relasi,
fungsi, dan persamaan garis lurus.
|
Nomor Soal
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Kompetensi Penalaran
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
|||||||||||||||
|
1
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
Memeriksa
|
Berikut
ini yang bukan merupakan cara untuk menyatakan sebuah relasi adalah…
a.
Diagram panah
b.
Himpunan
pasangan berurutan
c.
Diagram venn
d.
Diagram
cartesius
|
c.Diagram
venn
|
5
|
|||||||||||||||
|
2
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
Menyimpulkan
|
Jika diketahui setiap anggota
himpunan A dipetakan ke himpunan B, maka…
a.
Relasi dari A
ke B merupakan fungsi
b.
Relasi dari A
ke B bukan merupakan fungsi
c.
Relasi dari A
ke B tidak memiliki range
d.
Tidak dapat
disimpulkan.
|
d.Tidak
dapat disimpulkan
Alasan:
Relasi tersebut
merupakan fungsi jika setiap anggota himpunan A dipetakan ke satu himpunan B.
Karena syarat yang
terdapat pada soal kurang lengkap, maka tidak dapat disimpulkan relasi
tersebut merupakan fungsi atau bukan.
|
5
|
|||||||||||||||
|
3
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
Kontra Contoh
|
Diketahui A={0,1,2,3,4,5,…} dan
B={0,1,2,3,4,5,…}. Jika relasi yang
menghubungkan A ke B adalah ‘faktor dari’, apakah relasi tersebut merupakan
fungsi?
|
Relasi tersebut bukan fungsi, karena
ada domain yang dipetakan ke lebih dari satu kodomain.
Contoh:
{(1, 1),( 1,2),( 1,3)}
|
10
|
|||||||||||||||
|
4
|
Menentukan
nilai fungsi.
|
Menjelaskan
|
Diketahui f : x à
5x – 3 pada himpunan bilangan bulat. Tentukan:
a.
f (9)
b.
nilai f untuk
x = -7
c.
nilai x untuk f(x)
= -8
|
a.
f (9) = 5 (9)
– 3 = 42
b.
f (-7) = 5
(-7) – 3 = -38
c.
5x – 3 = -8
5x = -5
x = -1
|
15
|
|||||||||||||||
|
5
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
Memeriksa
|
Berikut
ini relasi yang merupakan fungsi yaitu…
a.
R={(2,3),(3,2),(2,4),(4,2)}
b.
R={(1,2),(1,3),(1,4),(2,1)}
c.
R={(1,1),(2,2),(3,3),(3,4)}
d.
R={(1,2),(2,3),(3,4),(4,1)}
|
d. R={(1,2),(2,3),(3,4),(4,1)}
|
5
|
|||||||||||||||
|
6
|
Menghitung
nilai fungsi serta membuat sketsa grafik fungsi
aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius.
|
Menggunakan Pola
|
Fungsi
g pada himpunan bilangan real ditentukan oleh rumus g(x)=ax+b, dengan a dan b
bilangan bulat. Jika g(2)=6 dan g(-1)=-6, tentukan:
a.
Nilai a dan b
b.
Rumus fungsi g
c.
Gambarkan
grafik fungsinya jika domainnya {x | -3 < x < 3 , x € R}
|
a.
g(x) = ax + b
g(2) = 2a + b = 6
g(-1) = -a +
b= -6 -
3a
= 12
a = 4
b = -2
b.
maka g(x) = ax
+b = 4x – 2
c.
|
15
|
|||||||||||||||
|
7
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
Memperkirakan Proses dan Solusi
|
Diketahui
X={1,2,3,4,5} dan Y={2,3,4,5,6,7,8,9,10}.
a.
Buatlah relasi
yang mungkin dari X ke Y
b.
Buatlah relasi
yang mungkin dari Y ke X
|
a. Relasi ‘kurang dari’
R={(1,2),(
1,3),( 1,4),…}
Relasi
‘faktor dari’
R={(1,2),(
1,3),( 1,4),…}
b. Relasi: ‘lebih dari’
R={(2,
1),(3, 1),(3,2),…}
|
10
|
|||||||||||||||
|
8
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
Memvalidasi
|
Jika
terdapat dua himpunan yang diketahui banyaknya elemen himpunan yang satu sama
dengan banyaknya elemen himpunan yang lainnya yaitu sama dengan n, maka dapat
disimpulkan bahwa banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin antara kedua
himpunan tersebut adalah sebanyak n! yang dapat ditunjukkan dengan
generalisasi berikut.
Benarkah
argument tersebut?
|
Jika
A=B={a,b} dengan n(A)=n(B)=2 maka
korespondensi yang mungkin ada 2x1=2 yaitu
R={(a,a),(b,b)}
R={(a,b),(b,a)}
Jika
A=B={a,b,c} dengan n(A)=n(B)=3 maka korespondensi yang mungkin ada 3x2x1=6
yaitu
R={(a,a),(b,b),(c,c)}
R={(a,a),(b,c),(c,b)}
R={(a,b),(b,a),(c,c)}
R={(a,c),(b,b),(c,a)}
R={(a,b),(b,c),(c,a)}
R={(a,c),(b,a),(c,b)}
Dari
generalisasi tersebut dapat disimpulkan untuk n(A)=n(B)=n, maka banyaknya
korespondensi satu-satu yang mungkin adalah sebanyak
n
x (n-1) x (n-2) x … x 1 = n!
jadi
argument tersebut benar.
|
15
|
|||||||||||||||
|
9
|
Menentukan
nilai fungsi.
|
Memperkirakan Proses dan Solusi.
|
Diketahui
fungsi h dirumuskan dengan h(x) = 2x+5
a.
Tentukan h(5) dan h(2) !
b.
Jika h(a) = 23, maka tentukan nilai a !
|
a.
Untuk h(5)
Kita
subtitusikan h(5) ke fungsi h(x) menjadi
h(5)
= 2(5)+5 = 10
Untuk
h(2)
kita
subtitusikan juga ke fungsi h(x) menjadi
h(2)
= 2(2)+5 = 9
b.
Diketahui nilai dari h(a) = 23, maka kita bisa
ganti h(x) menjadi h(a)
h(a)
= 2a+5
23 = 2a+5
23-5
= 2a+5-5
18 = 2a
9 = a
|
5
|
|||||||||||||||
|
10
|
Menentukan
nilai fungsi.
|
Menjelaskan
|
Jika
n(A) = n(B) = 4, banyak cara berkorespondensi satu-satu antara kedua himpunan
adalah...
a.
12
b.
16
c.
20
d.
24
|
Misal
himpunan A = {a,b,c,d} ; B = {1,2,3,4}
Untuk
mempermudah kita bisa gunakan tabel sebagai berikut :
|
5
|
|||||||||||||||
|
11
|
Menentukan
nilai fungsi.
|
Menggunakan Pola
|
Suatu fungsi f ditentukan oleh f : x
3x+2. Jika x = {0,2,4}, tentukan :
a.
f(x)
b.
f(x+1)
|
a.
f(x) = 3x+2
f(0) = 3(0)+2 = 2
f(2) = 3(2)+2 =8
f(4) = 3(4)+2 = 14
b.
untuk menentukan f(x+1) terlebih dahulu menentukan
variabel baru, yaitu (x+1) sehingga diperoleh :
0+1 =1, 2+1 = 3, 4+1 = 5
Variabel baru dari (x+1) = {1,3,5}
f(x+1) = 3(x+1)+2
f(1) = 3(1)+2 = 5
f(3) = 3(3)+2 = 11
f(5) = 3(5)+2 = 17
|
10
|
|||||||||||||||
|
12
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
Memeriksa
|
Dibawah ini
yang merupakan pemetaan adalah
a.
b.
c.
d.
|
a.
|
5
|
|||||||||||||||
|
13
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
Menyimpulkan
|
D iketahui kodomain adalah daerah hasil pada fungsi dan range
adalah anggota kodomain yang mempunyai prapeta di domain. Maka keterkaitan antara kodamain dan range
adalah?
|
Setiap
anggota range pastilah anggota kodomain, tetapi setiap anggota kodomain belum
tentu anggota range.
|
5
|
|||||||||||||||
|
14
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
Menjelaskan
|
Dalam
Matematika, ada istilah fungsi.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi!
|
Misalkan
terdapat himpunan A dan himpunan B.
Fungsi adalah memetakan atau memasangkan setiap anggota dari himpunan
A dengan tepat satu ke anggota
himpunan B.
|
5
|
|||||||||||||||
|
15
|
Menentukan
nilai fungsi
|
Memperkirakan Proses dan Solusi
|
Diketahui
sebuah fungsi f(x)= 4x + 6 dengan domain S = {3,5,9,11}. Tentukan nilai fungsi dari f(3),
f(5),f(9),f(11)!
|
f(x)= 4x + 6
Ganti x dengan
setiap anggota di S.
f(3)= 4(3) +
6 = 12 + 6 =18
f(5)= 4(5) +
6 = 20 +6 = 26
f(9)= 4(9) +
6 = 36 + 6 = 42
f(11)= 4(11)
+ 6 = 44 + 6 = 50
|
|
|||||||||||||||
|
16
|
|
Memeriksa
|
Periksa,
apakah himpunan A = {1,2,3,4,5,6,7} dan B
= {1,4,6,8,10,12} yang dihubungkan dengan relasi ‘faktor dari’ merupakan
fungsi? Jelaskan!
|
Gambar 1.1
Dilihat pada
gambar 1.1, relasi di atas bukan merupakan fungsi karena:
a.
Ada anggota
himpunan S yang mempunyai prapeta lebih dari satu di anggota himpunan T.
b.
Terdapat satu
anggota S yang tidak mempunyai peta di anggota himpunan T.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan meninggalkan komentar ^_^