INTAN CAHYANINGRUM - MAHASISWI PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI2011 - @intancynm

Kamis, 27 Juni 2013

Contoh Kisi-kisi Tes Matemateika Berdasarkan Kompetensi Penalaran



KISI-KISI INSTRUMEN TES MATEMATIKA
KOMPETENSI PENALARAN

Tingkat                             : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester                 : VIII/ I
Pokok Bahasan                : Relasi dan Fungsi
Standar Kompetensi        : Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.


Nomor Soal
Kompetensi Dasar
Indikator Kompetensi Penalaran
Butir Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Memahami relasi dan fungsi.
Memeriksa
Berikut ini yang bukan merupakan cara untuk menyatakan sebuah relasi adalah…
a.       Diagram panah
b.      Himpunan pasangan berurutan
c.       Diagram venn
d.      Diagram cartesius
c.Diagram venn
5
2
Memahami relasi dan fungsi.
Menyimpulkan
Jika diketahui setiap anggota himpunan A dipetakan ke himpunan B, maka…
a.       Relasi dari A ke B merupakan fungsi
b.      Relasi dari A ke B bukan merupakan fungsi
c.       Relasi dari A ke B tidak memiliki range
d.      Tidak dapat disimpulkan.
d.Tidak dapat disimpulkan
Alasan:
Relasi tersebut merupakan fungsi jika setiap anggota himpunan A dipetakan ke satu himpunan B.
Karena syarat yang terdapat pada soal kurang lengkap, maka tidak dapat disimpulkan relasi tersebut merupakan fungsi atau bukan.
5
3
Memahami relasi dan fungsi.
Kontra Contoh
Diketahui A={0,1,2,3,4,5,…} dan B={0,1,2,3,4,5,…}.  Jika relasi yang menghubungkan A ke B adalah ‘faktor dari’, apakah relasi tersebut merupakan fungsi?
Relasi tersebut bukan fungsi, karena ada domain yang dipetakan ke lebih dari satu kodomain.
Contoh:
{(1, 1),( 1,2),( 1,3)}
10
4
Menentukan nilai fungsi.
Menjelaskan
Diketahui f : x à 5x – 3 pada himpunan bilangan bulat. Tentukan:
a.       f (9)
b.      nilai f untuk x = -7
c.       nilai x untuk f(x) = -8
a.       f (9) = 5 (9) – 3 = 42
b.      f (-7) = 5 (-7) – 3 = -38
c.       5x – 3 = -8
5x = -5
x = -1
15
5
Memahami relasi dan fungsi.
Memeriksa
Berikut ini relasi yang merupakan fungsi yaitu…
a.       R={(2,3),(3,2),(2,4),(4,2)}
b.      R={(1,2),(1,3),(1,4),(2,1)}
c.       R={(1,1),(2,2),(3,3),(3,4)}
d.      R={(1,2),(2,3),(3,4),(4,1)}
d. R={(1,2),(2,3),(3,4),(4,1)}
5
6
Menghitung nilai fungsi serta membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius.
Menggunakan Pola
Fungsi g pada himpunan bilangan real ditentukan oleh rumus g(x)=ax+b, dengan a dan b bilangan bulat. Jika g(2)=6 dan g(-1)=-6, tentukan:
a.       Nilai a dan b
b.      Rumus fungsi g
c.       Gambarkan grafik fungsinya jika domainnya {x | -3 < x < 3 , x € R}
a.       g(x) = ax + b
g(2) = 2a + b = 6
g(-1) = -a + b= -6  -
            3a      = 12
              a      = 4
              b      = -2
b.      maka g(x) = ax +b = 4x – 2
c.      
15
7
Memahami relasi dan fungsi.
Memperkirakan Proses dan Solusi
Diketahui X={1,2,3,4,5} dan Y={2,3,4,5,6,7,8,9,10}.
a.       Buatlah relasi yang mungkin dari X ke Y
b.      Buatlah relasi yang mungkin dari Y ke X
a.       Relasi ‘kurang dari’
R={(1,2),( 1,3),( 1,4),…}
Relasi ‘faktor dari’
R={(1,2),( 1,3),( 1,4),…}
b.      Relasi: ‘lebih dari’
R={(2, 1),(3, 1),(3,2),…}
10
8
Memahami relasi dan fungsi.
Memvalidasi
Jika terdapat dua himpunan yang diketahui banyaknya elemen himpunan yang satu sama dengan banyaknya elemen himpunan yang lainnya yaitu sama dengan n, maka dapat disimpulkan bahwa banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin antara kedua himpunan tersebut adalah sebanyak n! yang dapat ditunjukkan dengan generalisasi berikut.
Benarkah argument tersebut?
Jika A=B={a,b} dengan  n(A)=n(B)=2 maka korespondensi yang mungkin ada 2x1=2 yaitu
R={(a,a),(b,b)}
R={(a,b),(b,a)}
Jika A=B={a,b,c} dengan n(A)=n(B)=3 maka korespondensi yang mungkin ada 3x2x1=6 yaitu
R={(a,a),(b,b),(c,c)}
R={(a,a),(b,c),(c,b)}
R={(a,b),(b,a),(c,c)}
R={(a,c),(b,b),(c,a)}
R={(a,b),(b,c),(c,a)}
R={(a,c),(b,a),(c,b)}
Dari generalisasi tersebut dapat disimpulkan untuk n(A)=n(B)=n, maka banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin adalah sebanyak
n x (n-1) x (n-2) x … x 1 = n!
jadi argument tersebut benar.
15
9
Menentukan nilai fungsi.
Memperkirakan Proses dan Solusi.
Diketahui fungsi h dirumuskan dengan h(x) = 2x+5
a.       Tentukan h(5) dan h(2) !
b.      Jika h(a) = 23, maka tentukan nilai a !

a.       Untuk h(5)
Kita subtitusikan h(5) ke fungsi h(x) menjadi
h(5) = 2(5)+5 = 10
Untuk h(2)
kita subtitusikan juga ke fungsi h(x) menjadi
h(2) = 2(2)+5 = 9
b.      Diketahui nilai dari h(a) = 23, maka kita bisa ganti h(x) menjadi h(a)
h(a) = 2a+5
23   = 2a+5
23-5 = 2a+5-5
18    = 2a      9 = a
5
10
Menentukan nilai fungsi.
Menjelaskan
Jika n(A) = n(B) = 4, banyak cara berkorespondensi satu-satu antara kedua himpunan adalah...
a.       12
b.      16
c.       20
d.      24





Misal himpunan A = {a,b,c,d} ; B = {1,2,3,4}
Untuk mempermudah kita bisa gunakan tabel sebagai berikut :


Himpunan
Banyak Anggota
Banyak Korespondensi
{a}
1
1 x 1
{a,b}
2
1 x 2
{a,b,c}
3
1 x 2 x 3
{a,b,c,d}
4
1 x 2 x 3 x 4
5
11
Menentukan nilai fungsi.
Menggunakan Pola
Suatu fungsi f ditentukan oleh f : x  3x+2. Jika x = {0,2,4}, tentukan :
a.       f(x)
b.      f(x+1)
a.       f(x) = 3x+2
f(0) = 3(0)+2 = 2
f(2) = 3(2)+2 =8
f(4) = 3(4)+2 = 14
b.      untuk menentukan f(x+1) terlebih dahulu menentukan variabel baru, yaitu (x+1) sehingga diperoleh :
0+1 =1, 2+1 = 3, 4+1 = 5
Variabel baru dari (x+1) = {1,3,5}
f(x+1) = 3(x+1)+2
f(1) = 3(1)+2 = 5
f(3) = 3(3)+2 = 11
f(5) = 3(5)+2 = 17
10
12
Memahami relasi dan fungsi

Memeriksa
Dibawah ini
 yang merupakan pemetaan adalah

a.      
a
b
1
2



b.       

1
2
a
b
c.      
1
2
a
b



d.     
1
2
a
b




a.
a
b
1
2
5
13
Memahami relasi dan fungsi
Menyimpulkan
D iketahui kodomain adalah daerah hasil pada fungsi dan range adalah anggota kodomain yang mempunyai prapeta di domain.  Maka keterkaitan antara kodamain dan range adalah?

Setiap anggota range pastilah anggota kodomain, tetapi setiap anggota kodomain belum tentu anggota range.
5
14
Memahami relasi dan fungsi
Menjelaskan
Dalam Matematika, ada istilah fungsi.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan fungsi!

Misalkan terdapat himpunan A dan himpunan B.  Fungsi adalah memetakan atau memasangkan setiap anggota dari himpunan A dengan tepat satu ke anggota  himpunan B.
5
15
Menentukan nilai fungsi
Memperkirakan Proses dan Solusi

Diketahui sebuah fungsi f(x)= 4x + 6 dengan domain S = {3,5,9,11}.  Tentukan nilai fungsi dari f(3), f(5),f(9),f(11)!
f(x)= 4x + 6
Ganti x dengan setiap anggota di S.
f(3)= 4(3) + 6 = 12 + 6 =18
f(5)= 4(5) + 6 = 20 +6 = 26
f(9)= 4(9) + 6 = 36 + 6 = 42
f(11)= 4(11) + 6 = 44 + 6 = 50

16

Memeriksa
Periksa, apakah himpunan A = {1,2,3,4,5,6,7} dan B = {1,4,6,8,10,12} yang dihubungkan dengan relasi ‘faktor dari’ merupakan fungsi? Jelaskan!
Gambar 1.1
Dilihat pada gambar 1.1, relasi di atas bukan merupakan fungsi karena:
a.         Ada anggota himpunan S yang mempunyai prapeta lebih dari satu di anggota himpunan T.
b.         Terdapat satu anggota S yang tidak mempunyai peta di anggota himpunan T.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar ^_^