KISI-KISI TES
MATEMATIKA
BERDASARKAN
TAKSONOMI BLOOM
Tingkat : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester : VIII/ I
Pokok Bahasan : Relasi dan Fungsi
Nomor Soal
|
Kompetensi
Dasar
|
J. K. Bloom
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
||||||||||||||
1
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
C1
|
Berikut
ini yang bukan merupakan cara untuk menyatakan sebuah relasi adalah…
a.
Diagram panah
b.
Himpunan
pasangan berurutan
c.
Diagram venn
d.
Diagram
cartesius
|
c.Diagram
venn
|
5
|
||||||||||||||
2
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
C2
|
Jika diketahui setiap anggota
himpunan A dipetakan ke himpunan B, maka…
a.
Relasi dari A
ke B merupakan fungsi
b.
Relasi dari A
ke B bukan merupakan fungsi
c.
Relasi dari A
ke B tidak memiliki range
d.
Tidak dapat
disimpulkan.
|
d.Tidak
dapat disimpulkan
Alasan:
Relasi tersebut
merupakan fungsi jika setiap anggota himpunan A dipetakan ke satu himpunan B.
Karena syarat yang
terdapat pada soal kurang lengkap, maka tidak dapat disimpulkan relasi
tersebut merupakan fungsi atau bukan.
|
5
|
||||||||||||||
3
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
C2
|
Diketahui A={0,1,2,3,4,5,…} dan
B={0,1,2,3,4,5,…}. Jika relasi yang
menghubungkan A ke B adalah ‘faktor dari’, apakah relasi tersebut merupakan
fungsi?
|
Relasi tersebut bukan fungsi, karena
ada domain yang dipetakan ke lebih dari satu kodomain.
Contoh:
{(1, 1),( 1,2),( 1,3)}
|
10
|
||||||||||||||
4
|
Menentukan
nilai fungsi.
|
C2
|
Diketahui f : x à
5x – 3 pada himpunan bilangan bulat. Tentukan:
a.
f (9)
b.
nilai f untuk
x = -7
c.
nilai x untuk
f(x) = -8
|
a.
f (9) = 5 (9)
– 3 = 42
b.
f (-7) = 5
(-7) – 3 = -38
c.
5x – 3 = -8
5x = -5
x = -1
|
15
|
||||||||||||||
5
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
C3
|
Berikut
ini relasi yang merupakan fungsi yaitu…
a.
R={(2,3),(3,2),(2,4),(4,2)}
b.
R={(1,2),(1,3),(1,4),(2,1)}
c.
R={(1,1),(2,2),(3,3),(3,4)}
d.
R={(1,2),(2,3),(3,4),(4,1)}
|
d. R={(1,2),(2,3),(3,4),(4,1)}
|
5
|
||||||||||||||
6
|
Menghitung
nilai fungsi serta membuat sketsa grafik fungsi
aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius.
|
C4
|
Fungsi
g pada himpunan bilangan real ditentukan oleh rumus g(x)=ax+b, dengan a dan b
bilangan bulat. Jika g(2)=6 dan g(-1)=-6, tentukan:
a.
Nilai a dan b
b.
Rumus fungsi g
c.
Gambarkan
grafik fungsinya jika domainnya {x | -3 < x < 3 , x € R}
|
a.
g(x) = ax + b
g(2) = 2a + b = 6
g(-1) = -a +
b= -6 -
3a = 12
a = 4
b = -2
b.
maka g(x) = ax
+b = 4x – 2
c.
|
15
|
||||||||||||||
7
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
C5
|
Diketahui
X={0,1,2,3,4,5} dan Y={1,2,3,4,5,6,7,8,9,10}.
a.
Buatlah relasi
yang mungkin dari X ke Y
b.
Buatlah relasi
yang mungkin dari Y ke X
|
a. Relasi: ‘kurang dari’, ‘faktor dari’
b. Relasi: ‘lebih dari’
|
10
|
||||||||||||||
8
|
Memahami
relasi dan fungsi.
|
C6
|
Jika
terdapat dua himpunan yang diketahui banyaknya elemen himpunan yang satu sama
dengan banyaknya elemen himpunan yang lainnya yaitu sama dengan n, maka dapat
disimpulkan bahwa banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin antara kedua
himpunan tersebut adalah sebanyak n! yang dapat ditunjukkan dengan
generalisasi berikut.
Benarkah
argument tersebut?
|
Jika
A=B={a,b} dengan n(A)=n(B)=2 maka
korespondensi yang mungkin ada 2x1=2 yaitu
R={(a,a),(b,b)}
R={(a,b),(b,a)}
Jika
A=B={a,b,c} dengan n(A)=n(B)=3 maka korespondensi yang mungkin ada 3x2x1=6
yaitu
R={(a,a),(b,b),(c,c)}
R={(a,a),(b,c),(c,b)}
R={(a,b),(b,a),(c,c)}
R={(a,c),(b,b),(c,a)}
R={(a,b),(b,c),(c,a)}
R={(a,c),(b,a),(c,b)}
Dari
generalisasi tersebut dapat disimpulkan untuk n(A)=n(B)=n, maka banyaknya
korespondensi satu-satu yang mungkin adalah sebanyak
n
x (n-1) x (n-2) x … x 1 = n!
jadi
argument tersebut benar.
|
15
|
||||||||||||||
9
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
C3
|
a.
b.
c.
d.
|
a.
|
5
|
||||||||||||||
10
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
C2
|
Dari diagram
panah disamping, daerah
domainnya adalah
a.
b.
c.
d.
|
B.
|
5
|
||||||||||||||
11
|
Menentukan
nilai fungsi
|
C4
|
Fungsi f
: x
ax + b. Diketahui f(2) = 4 dan f(1) = 2.
Tentukan nilai a dan b ! (b)
a. 2
dan 1
b. 2
dan 0
c. 1
dan 0
d. 4
dan 2
|
f(x) = ax+b maka 2a+b = 4 a+b=2 a+b
=2
a+b = 2 - 2+b=2 2+b
=2
a= 2 b=0 b =0
jadi, nilai a dan b untuk f(x) =
ax + b adalah 2 dan 0
|
10
|
||||||||||||||
12
|
Menentukan
nilai fungsi
|
C2
|
Tentukan bayangan -2 dan
3 oleh f : x
2x+4 dengan x
B !
|
Bayangan x oleh
fungsi f(x) = 2x+4
- Bayangan
-2 adalah : f(-2) = 2x+4
=
2(-2)+4 =0
- Bayangan
3 adalah : f(3) = 2x+4
=2(3)+4 = 10
Jadi , bayangan untuk
-2 dan 3 untuk 2x+4 adalah 0 dan 10.
|
10
|
||||||||||||||
13
|
Mmenentukan
Nilai Fungsi
|
C3
|
Sebuah mobil dapat
menempuh jarak 75 km dalam 1 jam, 150 km dalam 2 jam, dan seterusnya.
a.
Himpunan-himpunan manakah yang terdapat pada
fungsi di atas?
b.
Jika mobil berjalan 5 jam, berapakah jarak
yang telah ditempuhnya?
|
a. S :
himpunan-himpunan jarak tempuh
S ={75 km,150 km,225 km,...,kelipatan 75 km}
T : himpunan-himpunan waktu
T ={1 jam,2 jam,3 jam,...,n jam}
b.
1 jam = 75 km
2 jam =
150 km
.
.
5 jam =
5x75 = 375 km,
Jadi, jarak tempuh
dalamwaktu 5 jam yaitu 375 km/jam.
|
15
|
||||||||||||||
14
|
Memahami relasi dan
fungsi
|
C4
|
Jika A = {a,b,c}
dan B = {x,y}.
a. Berapa
banyak pemetaan yang mungkin dari A ke B ?
b. Berapa banyak
pemetaan yang mungkin dari B ke A ?
|
n(A) = 3
, n(B) = 2
a. Dari A
ke B
n(B)n(A)
= 23
= 8
jadi pemetaan dari A ke B ada 8
b. Dari
B ke A
n(A)n(B)
=32
= 9
jadi pemetaan dari B ke A ada 9
|
10
|
||||||||||||||
15
|
Membuat
sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada system koordinant cartesius
|
C5
|
Gambarlah grafik fungsi f(x) = 5-2x
dengan daerah asal A ={1,2,3} !
|
f(x) = 5-2x
f(1) = 5-2(1) = 3
f(2) = 5- 2(2) = 1
f(3) = 5 -2(3) = -1
Jadi himpunan pasangan berurutannya :
{(0,5),(1,2),(2,-1)}
y
x
|
15
|
||||||||||||||
16
|
Memahami relasi dan fungsi
|
C1
|
Apa nama lain dari daerah asal, daerah kawan dan
daerah hasil pada fungsi?
|
Daerah asal = domain.
Daerah kawan = kodomain.
Daerah hasil = range.
|
5
|
||||||||||||||
17
|
Memahami relasi dan fungsi
|
C1
|
Diketahui S = {0,1,4,9,16}, T = {0,1,2,3,4}.
Relasi antar anggota-anggota himpunan S ke T adalah?
|
|
5
|
||||||||||||||
18
|
Memahami relasi dan fungsi
|
C2
|
Diketahui A = {1,2,3,4,5,6,7}, B =
{1,4,6,8,10,12}.
Relasi antara anggota A ke B adalah ‘faktor
dari’. Apakah relasi tersebut
merupakan fungsi?Jelaskan!
|
Relasi di atas bukan merupakan fungsi karena :
a. Ada
anggota himpunan S yang mempunyai prapeta lebih dari satu di anggota himpunan
T.
b. Terdapat
satu anggota S yang tidak mempunyai peta di anggota himpunan T.
|
10
|
||||||||||||||
19
|
Menentukan
nilai fungsi
|
C2
|
Diketahui sebuah fungsi f(x)= 4x + 6 dengan domain
S = {3,5,9,11}. Tentukan nilai fungsi
dari f(3), f(5),f(9),f(11)!
|
f(3)= 4(3) + 6 = 12 + 6 =18
f(5)= 4(5) + 6 = 20 +6 = 26
f(9)= 4(9) + 6 = 36 + 6 = 42
f(11)= 4(11) + 6 = 44 + 6 = 50
|
10
|
||||||||||||||
20
|
Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana
pada sistem koordinat Cartesius.
|
C5
|
Diketahui
suatu relasi dari himpunan S ke himpunan T yang dinyatakan dengan himpunan
pasangan berurutan{(-1, 2), (1, 4), (3, 6), (5, 8), (7, 10)}.
a.
Sebutkan anggota-anggota himpunan S dan T.
b.
Sebutkan relasi yang mungkin dari himpunan S
ke himpunan T.
c.
Gambarlah koordinat Cartesius dari pasangan
berurutan tersebut.
|
a. S = {-1,1,3,5,7} ; T = {2,4,6,8,10}
b. Relasi
yang mungkin adalah ‘bilangan real kurang dari’
c. .
|
15
|
||||||||||||||
21
|
Memahami relasi dan fungs
|
C2
|
Sebuah
Fungsi di notasikan dengan f
. Tentukan Rf !
|
10
|
|||||||||||||||
22
|
Memahami relasi dan fungsi
|
C3
|
Suatu
fungsi
. Tentukan,
a. Himpunan pasangan berurutan dari f
b. Domain, kodomain, dan range.
|
a. (x,f(x)) =
b. Df
=
Kf
=
Rf
=
|
15
|
||||||||||||||
23
|
Menentukan
nilai fungsi
|
C4
|
Diketahui
fungsi
Tentukanlah
nilai fungsi berikut ini!
a.
f(–4) c. f(2)
b. f(0) d. f(4)
|
a.
f(-4) = 2 – (-4)2= - 14
b.
f(0) = 2 – (0)2= 2
c.
f(2) = 2 – (2)2= -2
d.
f(4) = 2(4) – 3= 5
|
15
|
||||||||||||||
24
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
C3
|
Pada
diagram berikut himpunana A berelasi dengan himpunan B. Apakah relasi
tersebut di sebut fungsi? Berikan alasan!
|
Relasi
tersebut bukan merupakan sebuah Fungsi.
Karena
ada anggota himpunana A yang memlilki lebih dari satu prapeta di himpunana B.
|
10
|
||||||||||||||
25
|
Memahami
reladsi dan fungsi
|
C2
|
Pada
gambar berikut himpunana A berelasi dengan himpunan B. tentukan relasi yang
mungkin dari
a. A ke B
b. B ke A
|
a. Relasi “pangkat 3”
b. Relasi “akar pangkat 3”
|
10
|
||||||||||||||
26
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
C4
|
Dalam Matematika, ada istilah
fungsi. Jelaskan apa yang dimaksud
dengan fungsi!
|
Misalkan terdapat himpunan A
dan himpunan B. Fungsi adalah
memetakan atau memasangkan setiap anggota dari himpunan A dengan tepat satu
anggota dari hompunan B.
|
|||||||||||||||
27
|
Memahami
relasi dan fungsi
|
C5
|
Diketahui kodomain adalah
daerah hasil pada fungsi dan range adalah anggota kodomain yang mempunyai
prapeta di domain. Maka hubungan antara
kodamain dan range adalah?
|
Setiap anggota range pastilah
anggota kodomain, tetapi setiap anggota kodomain belum tentu anggota range.
|
kayaknya diperbaikilagi tampilan,,
BalasHapus