UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN
2012/2013
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Matematika
Program Studi : Pendidikan Matematika
Waktu :
Maksimal dikumpulkan 4 April 2013
Dosen :
Drs. H. Erman S.Ar., M.Pd.
1. Jelaskan
pengertian dari istilah evaluasi non-tes: angket, rubrik, jurnal, portofolio,
pedoman observasi, pedoman wawancara, kemudian berikan contoh instrument dari
salah satunya.
2. Jelaskan
secara singkat masing-masing tingkat kognitif Bloom (C1-C6), kemudian buatlah
kisi-kisi instrument tes untuk materi Persamaan Kuadrat kelas IX SMP/ MTs yang
memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator, jenjang kognitif dari
C1-C6, butir soal, kunci jawaban, dan skor/bobot.
3. Pilih
sebuah kompetensi matematika dan jelaskan pengertiannya, kemudian buatlah kisi-kisi
instrument tesnya.
4. Misalkan
seorang guru matematika memberikan tes tipe soal objektif dan bentuk uraian,
dengan data hasil tes sebagai berikut (siswa A mencapai SMI-skor maksimal
ideal).
|
Subjek
|
Nomor Soal
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
|
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
15
|
|
B
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
12
|
|
C
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
10
|
|
D
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
7
|
9
|
|
E
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
6
|
9
|
|
F
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
8
|
|
G
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
6
|
7
|
|
H
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
5
|
7
|
|
I
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
4
|
5
|
i.
Tentukan validitas tiap butir dan
validitas internal data hasil tes di atas.
ii.
Jika validitas bandingnya ditentukan
dengan kriterium nilai rerata dormatif berikut ini (sesuai dengan urutan
subjek) 7.83; 7.56; 7.90; 7.25; 7.20; 6.78; 6.56; 5.67; 4.35, tentukan
validitas banding tersebut.
JAWABAN
1. Evaluasi
non-tes:
a. Angket
Angket adalah sebuah daftar
pertanyaan atau pernyataan yang harus diisi oleh orang yang akan dievaluasi.
Angket berfungsi sebagai pengumpul data. Data tersebut berupa data diri,
pengalaman, pengalaman, pengetahuan, sikap, pendapat akan suatu hal.
Contoh: terlampir
b. Rubrik
Rubrik adalah instrumen penilian terhadap kinerja
dari suatu aktivitas atau terhadap suatu portofolio. Skala yang digunakan
adalah dengan menggunakan skala bertingkat seperti halnya pedoman observasi,
dari hasil penskoran tersebu t dicari nilai reratanya kemudian ditafsirkan sepereti
skala Likert. Perbedaan antara rubrik dengan pedoman observasi dengan skala
bertingkat adalah terleatk pada objek
yang dievaluasi. Observasi dengan mengamati kejadian yang berlansung saat
itu, sedangkan rubrik dengan cara menilai berkas hasil karya (dokumen).
c. Jurnal
Jurnal adalah karangan siswa tentang pelaksanaan
pembejalaran yang diikutinya. Karangan ini sifatnya subyektif, yang berisi
tentang potret pelaksanaan pembelajaran, kesan dan pesan siswa kepada guru.
d. Portofolio
Portofolio
merupakan laporan lengkap tentang segala aktifitas siswa yang berkenaan dengan
kegiatan pembelajaran yang diikutinya. Laporan ini menjadi sumber atau bahan
evaluasi guru, sehingga penentuan nilai akhir yang diberikan kepada siswa tidak
hanya dari satu aspek saja, misalnya hasil tes (tertulis). Dengan demikian
segala usaha yang telah diupayakan oleh siswa dapat dihargai.
e. Pedoman
Observasi
Observasi adalah suatu teknik
evaluasi non-tes yang menginventariskan data tentang sikap dan kepribadian
siswa dalam kegiatan belajarnya. Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan
dan perilaku siswa secara langsung. Data yang diperoleh dijadikan bahan
evaluasi. Data observasi bersifat relative, karena dapat dipengaruhi oleh
keadaan dan subjektivitas pengamat.
f. Pedoman
Wawancara
Wawancara merupakan teknik non-tes
secara lisan. Pertanyaan yang diungkapkan umumnya menyangkut segi-segi sikap
dan kepribadian siswa dalam proses belajarnya. Teknik ini dilakukan secara
langsung dan dimaksudnkan untuk memperoleh bahan-bahan penilaian bagi siswa.
2. Tingkat
Kognif Bloom:
a. C1
– Pengetahuan (Knowledge)
Pada jenjang ini siswa dituntut
mampu mengenali atau mengingat kembali (memory) pengetahuan yang telah disimpan
di dalam schemata struktur kognitifnya. Hal-hal yang termasuk ke dalam jenjang
kognitif ini ialah berupa fakta dasar, terminology, atau manipulasi yang
sifatnya sudah rutin.
b. C2
– Pemahaman (Comprehension)
Tahap pemahaman bersifat lebih
kompleks daripada tahap pengetahuan. Untuk mencapai tahap pemahaman terhadap
suatu konsep, siswa harus memiliki pengetahuan terhadap konsep tersebut.
c. C3
– Aplikasi (Application)
Adalam jenjang kognitiif aplikasi
seorang siswa diharapkan telah memiliki kemampuan untuk memilih, menggunakan,
dan menerapkan dengan teapt suatu teori atau cara pada situasi baru.
d. C4
– Analisis (Analysis)
Kemampuan analisis yaitu kemampuan
untuk merinci atau menguraikan suatu amsalah (soal) menjadi bagian-bagian yang
lebih kecil (komponen) serta mampu untuk memahami hubungan di antara
bagian-bagian tersebut.
Kemampuan siswa untuk dapat memecahkan
masalah non rutin termasuk ke dalam tahap ini, yaitu kemampuan untuk
mentransfer pengetahuan matematika yang telah dipelajari terhadap konteks baru.
e. C5
– Sintesiis (Synthesis)
Sintesis adalah suatu proses yang
memadukan baian-bagian atau unsure-unsur secara logic sehingga menjelma menhadi
suatu pola struktur atau bentuk baru. Soal-soal yang berkaitan dengan tahap ini
adalah soal yang menuntut kemampuan menyusun kembali elemen masalah dan
merumuskan suatu hubungan dalam penyelesaiannya.
f. C6
– Evaluasi (Evaluation)
Evaluasi merupakan kemampuan
seseorang untuk dapat memberikan pertimbangan terhadap suatu situasi, ide,
metode berdasarkan suatu patokan atau criteria. Setelah pertimbangan
dilaksanakan dengan matang maka kesimpulan diambil berupa suatu keputusan.
Kisi-kisi tes: Terlampir
3. Kompetensi
Penalaran
Penalaran adalah proses berfikir yang dilakukan dengan satu
cara untuk menarik kesimpulan. Kesimpulan yang bersifat umum dapat ditarik dari
kasus-kasus yang bersifat individual. Tetapi dapat pula sebaliknya, dari hal
yang bersifat individual menjadi kasus yang bersifat umum. Bernalar adalah
melakukan percobaan di dalam pikiran dengan hasil pada setiap langkah dalam
untaian percobaan itu telah diketahui oleh penalar dari pengalaman tersebut.
Sedangkan Shurter dan Pierce penalaran didefinisikan sebagai proses pencapaian
kesimpulan logis berdasarkan fakta dan sumber yang relevan.
Menurut Sumarmo (2005),
indicator kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika antara
lain, siswa dapat:
1. menarik
kesimpulan logis
2. memeberikan
penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan
3. memperkirakan
jawaban dan proses solusi
4. menggunakan
pola dan hubungan untuk menganalisis situasi, atau membuat analogi dan
generalisasi
5. menyusun
dan menguji konjektur
6. merumuskan
lawan contoh
7. mengikuti
aturan inferensi dan memeriksa validitas argmen
8. menyusun
argument yang valid
9. menyusun
pembuktian langsung, tak langsung, dan menggunakan induksi matematis
Penalaran adalah proses berpikir lebih
tinggi daripada pemahaman. Dalam penalaran ada
unsur kompleksitas, yaitu proses lebih cermat, berbagai aspek ditinjau,
serta dampak diperkirakan. Indikator kemampuan penalaran matematik adalah:
menyimpulkan, menjelaskan, memperkirakan proses dan solusi, menggunakan pola,
kontra contoh, memeriksa, memvalidasi, menyusun argumen, dan membuktikan.
Sumber:
Handout Evaluasi Pembelajaran Matematika
Kisi-kisi
tes: terlampir
4. Diketahui:
|
Subjek
|
Nomor Soal
|
ST
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
|
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
15
|
31
|
|
B
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
12
|
24
|
|
C
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
10
|
22
|
|
D
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
7
|
9
|
20
|
|
E
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
6
|
9
|
19
|
|
F
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
8
|
17
|
|
G
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
6
|
7
|
16
|
|
H
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
5
|
7
|
15
|
|
I
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
4
|
5
|
11
|
|
Jumlah
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
5
|
58
|
82
|
175
|
|
Jumlah Kuadrat
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
5
|
400
|
818
|
3673
|
|
Jumlah XY
|
164
|
144
|
132
|
109
|
87
|
95
|
1210
|
1732
|
|
i.
Menentukan validitas tiap butir
1) Untuk
soal nomor 1
2) Untuk
soal nomor 2
3) Untuk
soal nomor 3
4) Untuk
soal nomor 4
5) Untuk
soal nomor 5
6) Untuk
soal nomor 6
7) Untuk
soal nomor 7
8) Untuk
soal nomor 8
Diperoleh validitas tiap butir soal sebagai berikut:
|
Subjek
|
Nomor Soal
|
ST
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
|
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
15
|
31
|
|
B
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
12
|
24
|
|
C
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
10
|
22
|
|
D
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
7
|
9
|
20
|
|
E
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
6
|
9
|
19
|
|
F
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
8
|
17
|
|
G
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
6
|
7
|
16
|
|
H
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
5
|
7
|
15
|
|
I
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
4
|
5
|
11
|
|
Jumlah
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
5
|
58
|
82
|
175
|
|
Jumlah Kuadrat
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
5
|
400
|
818
|
3673
|
|
|
0.54
|
0.38
|
0.66
|
0.48
|
0.38
|
-0.09
|
0.98
|
0.99
|
|
|
Kriteria
|
VC
|
VR
|
VC
|
VC
|
VR
|
TV
|
VST
|
VST
|
|
Menentukan validitas internal
Criteria Validitas Internal: Validitas Cukup
ii.
Menentukan validitas banding
|
X
|
Y
|
||||||||||
|
Subjek
|
Nomor Soal
|
ST
|
Rerata Formatif
|
XY
|
|||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
15
|
31
|
7.83
|
242.73
|
|
B
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
12
|
24
|
7.56
|
181.44
|
|
C
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
7
|
10
|
22
|
7.90
|
173.8
|
|
D
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
7
|
9
|
20
|
7.25
|
145
|
|
E
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
6
|
9
|
19
|
7.20
|
136.8
|
|
F
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
8
|
17
|
6.78
|
115.26
|
|
G
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
6
|
7
|
16
|
6.56
|
104.96
|
|
H
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
5
|
7
|
15
|
5.67
|
85.05
|
|
I
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
4
|
5
|
11
|
4.35
|
47.85
|
|
Jumlah
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
5
|
58
|
82
|
175
|
61.1
|
1232.89
|
|
Jumlah Kuadrat
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
5
|
400
|
818
|
3673
|
425.3484
|
195608.6007
|

Criteria Validitas Banding: Validitas Sangat Tinggi
terima kasih atas jawabannya, sangat membantu
BalasHapusnomor 4 itu kok gak muncul ya jawabannya? bisa minta tolong dimunculkan?
terima kasih lagi ^^