KISI-KISI INSTRUMEN AFEKTIF
SKALA LIKERT
KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF
MATEMATIS
Skala
Likert ini disususun atas tiga puluh pernyataan berhubungan dengan kompetensi
berpikir kreatif matematis pada pembelajaran materi kubus dan balok yang
terdiri dari lima belas pernyataan bernilai positif dan lima belas pernyataan
bernilai negative. Responden diminta menjawab dengan memilih empat opsi
bertingkat, yaitu sangat sesuai (SS), sesuai (S), tidak sesuai (TS), dan sangat
tidak sesuai (STS). Pemberian bobot skor untuk masing-masing pernyataan dapat
dilihat pada table berikut.
|
No
|
Pernyataan
|
Jenis
|
Skor
|
|||
|
|
Berpikir
Lancar
|
|
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
|
1
|
Saya mengajukan
banyak pertanyaan saat pembelajaran kubus dan balok berlangsung.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
2
|
Pertanyaan muncul
saat ada hal yang kurang jelas dan detail saat guru menerangkan materi kubus
dan balok.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
3
|
Saya menjawab
pertanyaan guru dengan satu jawaban saja.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
4
|
Saya berusaha
memberikan jawaban yang unik yang tidak terpikirkan oleh teman-teman yang
lain.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
5
|
Saya memiliki banyak
gagasan atau pendapat mengenai masalah atau persoalan yang diberikan guru
tentang kubus dan balok.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
6
|
Saya sulit
mengungkapkan gagasan-gagasan yang saya miliki.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
7
|
Saya menyelesaikan
masalah atau soal lebih lambat dari teman-teman saya.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
8
|
Saya mengerjakan soal
atau tugas lebih sedikit dari teman-teman saya.
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
Berpikir
Luwes
|
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
9
|
Saya memiliki
berbagai macam penafsiran terhadap suatu gambar kubus.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
10
|
Saya memiliki
berbagai macam penafsiran terhadap suatu gambar balok.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
11
|
Saya memiliki
berbagai macam penafsiran terhadap suatu cerita atau masalah yang diberikan
guru.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
12
|
Saya mengerjakan soal
dengan langkah sama seperti yang diajarkan guru.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
13
|
Saya memikirkan
bermacam-macam cara yang berbeda untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
|
Positif
|
|
|
|
|
|
|
Berpikir
Original
|
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
14
|
Saya dapat memikirkan
hal yang tidak terpikirkan oleh orang lain.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
15
|
Saya bingung ketika
diperlihatkan suatu kubus atau balok dari sisi yang berbeda atau dengan cara
yang tidak seperti biasa.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
16
|
Saya bingung ketika
guru memberikan soal yang berbeda dari contoh.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
17
|
Saya hanya
terpikirkan cara-cara yang diajarkan guru untuk menyelesaikan sebuah
persoalan.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
18
|
Saya memilih cara
berpikir seperti teman-teman yang lain karena takut pemikiran saya bernilai
salah.
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
Berpikir
Elaborasi
|
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
19
|
Saya percaya atas
jawaban yang diberikan guru dalam setiap soal yang diberikan sebagai contoh.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
20
|
Saya percaya atas
jawaban yang diberikan teman dalam setiap soal yang diberikan sebagai
latihan.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
21
|
Saya senang
menambahkan pendapat teman setelah dia memberikan pendapatnya sehingga
pendapat saya lebih lengkap.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
22
|
Saya senang
menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik
saya sendiri.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
23
|
Saya senang
menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik
orang lain.
|
Positif
|
|
|
|
|
|
|
Berpikir
Evaluatif
|
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
24
|
Saya takut salah
untuk mencetuskan pendangan saya mengenai suatu hal.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
25
|
Pendapat yang saya
kemukakan adalah atas dasar sudut pandang sendiri.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
26
|
Saya mudah
terpengaruh dengan pendapat orang lain.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
27
|
Saya memiliki alasan
yang dapat dipertanggungjawabkan untuk setiap pendapat saya.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
28
|
Saya kebingungan
untuk menentukan pendapat yang menurut saya benar.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
|
29
|
Saya dapat
mempertahankan pendapat yang saya setujui.
|
Positif
|
1
|
2
|
4
|
5
|
|
30
|
Saya malas bertanya
kepada guru atau mencari sumber lain untuk mengetahui pendapat mana yang
benar.
|
Negatif
|
5
|
4
|
2
|
1
|
Keterangan:
-
Untuk pernyataan positif , semakin
sesuai maka semakin besar skornya, yaitu
|
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
|
1
|
2
|
4
|
5
|
-
Untuk pernyataan negatif , semakin
sesuai maka semakin kecil skornya, yaitu
|
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
|
5
|
4
|
2
|
1
|
Dari
rencana analisis tersebut diperoleh:
·
Skor maksimal tiap pernyataan adalah 5,
maka skor maksimal untuk 30 pernyataan adalah 150.
·
Skor minimal tiap pernyataan adalah 1,
maka skor minimal untuk 30 pernyataan adalah 30.
·
Median dari skor tiap pernyataan adalah
0.5 (5 + 1) = 3, maka median dari skor untuk 30 pernyataan adalah 0.5 (150 +
30) = 90.
·
Kuartil I dari skor tiap pernyataan
adalah 0.25 (5 + 1) = 1.5, maka kuartil I dari skor untuk 30 pernyataan adalah
0.25 (150 + 30) = 45.
·
Kuartil III dari skor tiap pernyataan
adalah 0.75 (5 + 1) = 4.5, maka kuartil I dari skor untuk 30 pernyataan adalah
0.75 (150 + 30) = 135.
·
Kriteria sikap responden berdasarkan
rata-rata skor untuk 30 pernyataan adalah:
|
Sikap Sangat Positif
|
135 ≤ x
|
|
Sikap Positif
|
90 ≤ x < 135
|
|
Sikap Negatif
|
45 ≤ x < 90
|
|
Sikap Sangat Negatif
|
x < 45
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan meninggalkan komentar ^_^