INTAN CAHYANINGRUM - MAHASISWI PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI2011 - @intancynm

Kamis, 05 September 2013

Contoh Kisi-kisi Instrumen Afektif Skala Diferensial Semantik Kompetensi Berpikir Kreatif Matematis



KISI-KISI INSTRUMEN AFEKTIF
SKALA DIFERENSIAL SEMANTIK
KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Skala Diferensial Semantik ini disusun atas 30 pernyataan kiri dan 30 pernyataan kanan yang saling berdampingan dan bertolak belakang. Pernyataan-pernyataan tersebut disesuaikan berdasarkan indicator kompetensi berpikir kreatif matematis pada pembelajaran kubus dan balok. Responden diminta menjawab dengan cara member penilaian bertingkat apakah cenderung sesuai dengan pernyataan kiri atau cenderung sesuai dengan pernyataan kanan. Masing-masing pernyataan memiliki rentang bobot skor yang sama yaitu dari 03 sampai dengan 3.


No
Pernyataan Kiri
Pernyataan Kanan

Berpikir Lancar

1
Saya jarang mengajukan pertanyaan.
Saya mengajukan banyak pertanyaan.
2
Tidak ada pertanyaan saat ada hal yang kurang jelas dan detail.
Pertanyaan muncul saat ada hal yang kurang jelas dan detail.
3
Saya menjawab pertanyaan guru dengan satu jawaban saja.
Saya menjawab pertanyaan guru dengan beberapa jawaban.
4
Saya memberikan jawaban yang berbeda dari yang lain.
Saya  memberikan jawaban yang terpikirkan oleh yang lain.
5
Tidak memiliki gagasanmengenai masalah yang diberikan guru.
Memiliki banyak gagasan mengenai masalah yang diber\ikan guru.
6
Saya sulit mengungkapkan gagasan-gagasan yang saya miliki.
Saya mampu mengungkapkan gagasan-gagasan yang saya miliki.
7
Menyelesaikan soal lebih lambat dari teman-teman.
Menyelesaikan soal lebih cepat dari teman-teman.
8
Mengerjakan soal lebih sedikit dari teman-teman.
Mengerjakan soal lebih banyak dari teman-teman.

Berpikir Luwes

9
Tidak memiliki banyak penafsiran terhadap suatu gambar kubus.
Memiliki banyak penafsiran terhadap suatu gambar kubus.
10
Tidak memiliki banyak penafsiran terhadap suatu gambar balok.
Memiliki banyak penafsiran terhadap suatu gambar balok.
11
Tidak memiliki banyak penafsiran terhadap suatu masalah.
Memiliki banyak penafsiran terhadap suatu masalah.
12
Mengerjakan soal dengan langkah sama seperti yang diajarkan.
Mengerjakan soal dengan langkah berbeda dari yang diajarkan.
13
Memikirkan satu cara saja untuk menyelesaikan persoalan.
Memikirkan cara yang berbeda untuk menyelesaikan persoalan.

Berpikir Original

14
Memikirkan hal yang umumnya terpikirkan oleh orang lain.
Memikirkan hal yang tidak terpikirkan oleh orang lain.
15
Bingung ketika melihat kubus atau balok dari sisi yang berbeda.
Mengerti ketika melihat kubus atau balok dari sisi yang berbeda.
16
Bingung saat diberikan soal yang berbeda dari contoh.
Paham saat diberikan soal yang berbeda dari contoh.
17
Hanya terpikirkan cara-cara yang diajarkan guru.
Terpikirkan cara-cara lain yang tidak diajarkan guru.
18
Berpikir seperti teman-teman yang lain karena takut salah.
Berpikir dengan pikiran sendiri walaupun bernilai salah.

Berpikir Elaborasi

19
Percaya atas jawaban soal yang diberikan guru.
Tidak langsung percaya atas jawaban soal yang diberikan guru.
20
Percaya atas jawaban soal yang diberikan teman.
Tidak langsung percaya atas jawaban soal yang diberikan teman.
21
Malu menambahkan pendapat teman.
Senang menambahkan pendapat teman.
22
Malas menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
Senang menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
23
Malas menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.
Senang menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.

Berpikir Evaluatif

24
Takut salah untuk berpendapat mengenai suatu hal.
Bernai untuk berpendapat mengenai suatu hal.
25
Pendapat saya bukan atas dasar sudut pandang sendiri.
Pendapat saya adalah atas dasar sudut pandang sendiri.
26
Mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain.
Sulit terpengaruh dengan pendapat orang lain.
27
Tidak memiliki alasan untuk setiap pendapat.
Memiliki alasan untuk setiap pendapat.
28
Bingung menentukan pendapat yang benar.
Mampu menentukan pendapat yang benar.
29
Sulit mempertahankan pendapat disetujui.
Mampu mempertahankan pendapat disetujui.
30
Malas mencari sumber untuk mengetahui mana yang benar.
Siap mencari sumber untuk mengetahui mana yang benar.

Dari rencana analisis tersebut diperoleh:
·         Skor maksimal tiap pernyataan adalah 3, maka skor maksimal untuk 30 pernyataan adalah 90.
·         Skor minimal tiap pernyataan adalah -3, maka skor minimal untuk 30 pernyataan adalah -90.
·         Median dari skor tiap pernyataan adalah 0.5 (-3 + 3) = 0, maka median dari skor 30 pernyataan adalah 0
·         Kriteria sikap responden berdasarkan rata-rata skor:
Sikap Positif
0  ≤ x
Sikap Negatif
       x < 0


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar ^_^