KISI-KISI INSTRUMEN AFEKTIF
SKALA
DIFERENSIAL SEMANTIK
KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF
MATEMATIS
Skala
Diferensial Semantik ini disusun atas 30 pernyataan kiri dan 30 pernyataan
kanan yang saling berdampingan dan bertolak belakang. Pernyataan-pernyataan tersebut
disesuaikan berdasarkan indicator kompetensi berpikir kreatif matematis pada
pembelajaran kubus dan balok. Responden diminta menjawab dengan cara member
penilaian bertingkat apakah cenderung sesuai dengan pernyataan kiri atau
cenderung sesuai dengan pernyataan kanan. Masing-masing pernyataan memiliki
rentang bobot skor yang sama yaitu dari 03 sampai dengan 3.
|
No
|
Pernyataan Kiri
|
Pernyataan Kanan
|
|
|
Berpikir Lancar
|
|
|
1
|
Saya jarang mengajukan pertanyaan.
|
Saya mengajukan banyak pertanyaan.
|
|
2
|
Tidak ada pertanyaan saat ada hal yang kurang
jelas dan detail.
|
Pertanyaan muncul saat ada hal yang kurang
jelas dan detail.
|
|
3
|
Saya menjawab pertanyaan guru dengan satu
jawaban saja.
|
Saya menjawab pertanyaan guru dengan beberapa
jawaban.
|
|
4
|
Saya memberikan jawaban yang berbeda dari yang
lain.
|
Saya
memberikan jawaban yang terpikirkan oleh yang lain.
|
|
5
|
Tidak memiliki gagasanmengenai masalah yang
diberikan guru.
|
Memiliki banyak gagasan mengenai masalah yang
diber\ikan guru.
|
|
6
|
Saya sulit mengungkapkan gagasan-gagasan yang
saya miliki.
|
Saya mampu mengungkapkan gagasan-gagasan yang
saya miliki.
|
|
7
|
Menyelesaikan soal lebih lambat dari
teman-teman.
|
Menyelesaikan soal lebih cepat dari
teman-teman.
|
|
8
|
Mengerjakan soal lebih sedikit dari
teman-teman.
|
Mengerjakan soal lebih banyak dari
teman-teman.
|
|
|
Berpikir Luwes
|
|
|
9
|
Tidak memiliki banyak penafsiran terhadap
suatu gambar kubus.
|
Memiliki banyak penafsiran terhadap suatu
gambar kubus.
|
|
10
|
Tidak memiliki banyak penafsiran terhadap
suatu gambar balok.
|
Memiliki banyak penafsiran terhadap suatu
gambar balok.
|
|
11
|
Tidak memiliki banyak penafsiran terhadap
suatu masalah.
|
Memiliki banyak penafsiran terhadap suatu
masalah.
|
|
12
|
Mengerjakan soal dengan langkah sama seperti
yang diajarkan.
|
Mengerjakan soal dengan langkah berbeda dari
yang diajarkan.
|
|
13
|
Memikirkan satu cara saja untuk menyelesaikan
persoalan.
|
Memikirkan cara yang berbeda untuk
menyelesaikan persoalan.
|
|
|
Berpikir Original
|
|
|
14
|
Memikirkan hal yang umumnya terpikirkan oleh
orang lain.
|
Memikirkan hal yang tidak terpikirkan oleh
orang lain.
|
|
15
|
Bingung ketika melihat kubus atau balok dari
sisi yang berbeda.
|
Mengerti ketika melihat kubus atau balok dari
sisi yang berbeda.
|
|
16
|
Bingung saat diberikan soal yang berbeda dari
contoh.
|
Paham saat diberikan soal yang berbeda dari
contoh.
|
|
17
|
Hanya terpikirkan cara-cara yang diajarkan
guru.
|
Terpikirkan cara-cara lain yang tidak
diajarkan guru.
|
|
18
|
Berpikir seperti teman-teman yang lain karena
takut salah.
|
Berpikir dengan pikiran sendiri walaupun
bernilai salah.
|
|
|
Berpikir Elaborasi
|
|
|
19
|
Percaya atas jawaban soal yang diberikan guru.
|
Tidak langsung percaya atas jawaban soal yang
diberikan guru.
|
|
20
|
Percaya atas jawaban soal yang diberikan
teman.
|
Tidak langsung percaya atas jawaban soal yang
diberikan teman.
|
|
21
|
Malu menambahkan pendapat teman.
|
Senang menambahkan pendapat teman.
|
|
22
|
Malas menambahkan garis-garis, warna-warna,
dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
|
Senang menambahkan garis-garis, warna-warna,
dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
|
|
23
|
Malas menambahkan garis-garis, warna-warna,
dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.
|
Senang menambahkan garis-garis, warna-warna,
dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.
|
|
|
Berpikir Evaluatif
|
|
|
24
|
Takut salah untuk berpendapat mengenai suatu
hal.
|
Bernai untuk berpendapat mengenai suatu hal.
|
|
25
|
Pendapat saya bukan atas dasar sudut pandang
sendiri.
|
Pendapat saya adalah atas dasar sudut pandang
sendiri.
|
|
26
|
Mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain.
|
Sulit terpengaruh dengan pendapat orang lain.
|
|
27
|
Tidak memiliki alasan untuk setiap pendapat.
|
Memiliki alasan untuk setiap pendapat.
|
|
28
|
Bingung menentukan pendapat yang benar.
|
Mampu menentukan pendapat yang benar.
|
|
29
|
Sulit mempertahankan pendapat disetujui.
|
Mampu mempertahankan pendapat disetujui.
|
|
30
|
Malas mencari sumber untuk mengetahui mana
yang benar.
|
Siap mencari sumber untuk mengetahui mana yang
benar.
|
Dari
rencana analisis tersebut diperoleh:
·
Skor maksimal tiap pernyataan adalah 3,
maka skor maksimal untuk 30 pernyataan adalah 90.
·
Skor minimal tiap pernyataan adalah -3,
maka skor minimal untuk 30 pernyataan adalah -90.
·
Median dari skor tiap pernyataan adalah
0.5 (-3 + 3) = 0, maka median dari skor 30 pernyataan adalah 0
·
Kriteria sikap responden berdasarkan
rata-rata skor:
|
Sikap Positif
|
0 ≤ x
|
|
Sikap Negatif
|
x < 0
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan meninggalkan komentar ^_^