KISI-KISI INSTRUMEN AFEKTIF
SKALA GUTTMAN
KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF
MATEMATIS
Skala
Guttman ini disusun atas 30 pernyataan positif yang disesuaikan dengan
indicator kompetensi berpikir kreatif amtematis pada pemebelajaran materi kubus
dan balok. Pernyataan-pernyataan disusun sedemikian rupa sehingga pernyataan
satu dan yang lain saling terkait. Responden diminta menjawab dengan memilih 2
opsi setara, yaitu ya atau tidak. Pemberian bobot skor untuk pilihan ya adalah 1 dan untuk pilihan
tidak diberi skor 0. Hal ini disebabkan karena seluruh pernyatan bernilai
positif. Kisi-kisi selengkapnya tertera pada table berikut.
|
No
|
Pernyataan
|
Indikator
|
Skor
|
|
|
YA
|
TDK
|
|||
|
1
|
Saya dapat memikirkan hal yang tidak
terpikirkan oleh orang lain.
|
Berpikir Original
|
1
|
0
|
|
2
|
Saya mengerti ketika diperlihatkan suatu kubus
atau balok dari sisi yang berbeda atau dengan cara yang tidak seperti biasa.
|
Berpikir Original
|
1
|
0
|
|
3
|
Saya mengerti ketika guru memberikan soal yang
berbeda dari contoh.
|
Berpikir Original
|
1
|
0
|
|
4
|
Saya
terpikirkan cara-cara yang baru untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
|
Berpikir Original
|
1
|
0
|
|
5
|
Saya memilih cara berpikir yang unik yang
berbeda dari teman-teman yang lain.
|
Berpikir Original
|
1
|
0
|
|
6
|
Saya mengecek kembali jawaban yang diberikan
guru dalam setiap soal yang diberikan sebagai contoh.
|
Berpikir Elaborasi
|
1
|
0
|
|
7
|
Saya mengecek kembali atas jawaban yang
diberikan teman dalam setiap soal yang diberikan sebagai latihan.
|
Berpikir Elaborasi
|
1
|
0
|
|
8
|
Saya mengajukan banyak pertanyaan saat
pembelajaran kubus dan balok berlangsung.
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
9
|
Pertanyaan muncul saat ada hal yang kurang jelas
dan detail saat guru menerangkan materi kubus dan balok.
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
10
|
Saya berusaha memberikan jawaban yang unik
yang tidak terpikirkan oleh teman-teman yang lain.
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
11
|
Saya memikirkan bermacam-macam cara yang
berbeda untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
|
Berpikir Luwes
|
1
|
0
|
|
12
|
Saya menjawab pertanyaan guru dengan lebih
dari satu jawaban..
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
13
|
Saya menyelesaikan masalah atau soal lebih
cepat dari teman-teman saya.
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
14
|
Saya mengerjakan soal atau tugas lebih banyak
dari teman-teman saya.
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
15
|
Saya mengerjakan soal dengan cara sendiri
yaitu dengan langkah berbeda dari yang diajarkan guru.
|
Berpikir Luwes
|
1
|
0
|
|
16
|
Saya bertanya kepada guru atau mencari sumber lain
untuk mengetahui pendapat mana yang benar.
|
Berpikir Evaluatif
|
1
|
0
|
|
17
|
Saya memiliki berbagai macam penafsiran
terhadap suatu gambar kubus.
|
Berpikir Luwes
|
1
|
0
|
|
18
|
Saya memiliki berbagai macam penafsiran
terhadap suatu gambar balok.
|
Berpikir Luwes
|
1
|
0
|
|
19
|
Saya memiliki berbagai macam penafsiran
terhadap suatu cerita atau masalah yang diberikan guru.
|
Berpikir Luwes
|
1
|
0
|
|
20
|
Saya memiliki banyak gagasan atau pendapat
mengenai masalah atau persoalan yang diberikan guru tentang kubus dan balok.
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
21
|
Saya senang menambahkan pendapat teman setelah
dia memberikan pendapatnya sehingga pendapat saya lebih lengkap.
|
Berpikir Elaborasi
|
1
|
0
|
|
22
|
Saya senang menambahkan garis-garis,
warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
|
Berpikir Elaborasi
|
1
|
0
|
|
23
|
Saya senang menambahkan garis-garis,
warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.
|
Berpikir Elaborasi
|
1
|
0
|
|
24
|
Saya mampu mengungkapkan gagasan-gagasan yang
saya miliki.
|
Berpikir Lancar
|
1
|
0
|
|
25
|
Pendapat yang saya kemukakan adalah atas dasar
sudut pandang sendiri.
|
Berpikir Evaluatif
|
1
|
0
|
|
26
|
Saya memiliki alasan yang dapat
dipertanggungjawabkan untuk setiap pendapat saya.
|
Berpikir Evaluatif
|
1
|
0
|
|
27
|
Saya dapat mempertahankan pendapat yang saya
setujui.
|
Berpikir Evaluatif
|
1
|
0
|
|
28
|
Saya berani untuk mencetuskan pendangan saya
mengenai suatu hal.
|
Berpikir Evaluatif
|
1
|
0
|
|
29
|
Saya sulit terpengaruh dengan pendapat orang
lain.
|
Berpikir Evaluatif
|
1
|
0
|
|
30
|
Saya mampu
menentukan pendapat yang menurut saya benar.
|
Berpikir Evaluatif
|
1
|
0
|
Diperoleh:
·
Skor maksimal tiap responden adalah 30.
·
Skor minimal tiap responden adalah 0.
·
Median dari skor tiap responden adalah
0.5 (30 + 0) = 15.
·
Kuartil I dari skor tiap responden
adalah 0.25 (30 + 0) = 7.5.
·
Kuartil III dari skor tiap responden
adalah 0.75 (30 + 0) = 22.5.
·
Kriteria sikap responden berdasarkan
rata-rata skor:
|
Sikap Sangat Positif
|
22.5 < x ≤ 30
|
|
Sikap Positif
|
15 < x ≤ 22.5
|
|
Sikap Negatif
|
7.5 < x ≤ 15
|
|
Sikap Sangat Negatif
|
0 ≤ x ≤ 7.5
|
Sangat bermanfaat sekali, terima kasih ya admin...
BalasHapusbagaimana kalau hanya mempunyai 2 responden sahaja? dengan menggunakan skala "ya" "tidak" ...bagaimana membuat pengiraan?? terima kasih..
BalasHapuspengiraan apa maksudnya?
Hapus