INTAN CAHYANINGRUM - MAHASISWI PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI2011 - @intancynm

Kamis, 05 September 2013

Contoh Kisi-kisi Instrumen Afektif Skala Thurstone Kompetensi Berpikir Kreatif Matematis



KISI-KISI INSTRUMEN AFEKTIF
SKALA THURSTONE
KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Skala Thurstone ini disusun atas tiga puluh pernyataan berhubungan dengan kompetensi berpikir kreatif matematis pada pembelajaran materi kubus dan balok yang terdiri dari lima belas pernyataan bernilai positif dan lima belas pernyataan bernilai negative. Responden diminta memilih lima belas pernyataan dari tiga puluh pernyataan yang paling sesuai dengan keadaan objektif responden saan melaksanakan pembelajaran matematika. pemberian bobot skor untuk masing-masing pernyataan dapat dilihat pada table berikut.


No
Pernyataan
Jenis
Skor

Berpikir Lancar


1
Saya mengajukan banyak pertanyaan saat pembelajaran kubus dan balok berlangsung.
Positif
8
2
Pertanyaan muncul saat ada hal yang kurang jelas dan detail saat guru menerangkan materi kubus dan balok.
Positif
6
3
Saya menjawab pertanyaan guru dengan satu jawaban saja.
Negatif
3
4
Saya berusaha memberikan jawaban yang unik yang tidak terpikirkan oleh teman-teman yang lain.
Positif
9
5
Saya memiliki banyak gagasan atau pendapat mengenai masalah atau persoalan yang diberikan guru tentang kubus dan balok.
Positif
8
6
Saya sulit mengungkapkan gagasan-gagasan yang saya miliki.
Negatif
2
7
Saya menyelesaikan masalah atau soal lebih lambat dari teman-teman saya.
Negatif
1
8
Saya mengerjakan soal atau tugas lebih sedikit dari teman-teman saya.
Negatif
2

Berpikir Luwes


9
Saya memiliki berbagai macam penafsiran terhadap suatu gambar kubus.
Positif
6
10
Saya memiliki berbagai macam penafsiran terhadap suatu gambar balok.
Positif
6
11
Saya memiliki berbagai macam penafsiran terhadap suatu cerita atau masalah yang diberikan guru.
Positif
6
12
Saya mengerjakan soal dengan langkah sama seperti yang diajarkan guru.
Negatif
3
13
Saya memikirkan bermacam-macam cara yang berbeda untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
Positif
7

Berpikir Original


14
Saya dapat memikirkan hal yang tidak terpikirkan oleh orang lain.
Positif
9
15
Saya bingung ketika diperlihatkan suatu kubus atau balok dari sisi yang berbeda atau dengan cara yang tidak seperti biasa.
Negatif
2
16
Saya bingung ketika guru memberikan soal yang berbeda dari contoh.
Negatif
1
17
Saya hanya terpikirkan cara-cara yang diajarkan guru untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
Negatif
1
18
Saya memilih cara berpikir seperti teman-teman yang lain karena takut pemikiran saya bernilai salah.
Negatif
2

Berpikir Elaborasi


19
Saya percaya atas jawaban yang diberikan guru dalam setiap soal yang diberikan sebagai contoh.
Negatif
3
20
Saya percaya atas jawaban yang diberikan teman dalam setiap soal yang diberikan sebagai latihan.
Negatif
3
21
Saya senang menambahkan pendapat teman setelah dia memberikan pendapatnya sehingga pendapat saya lebih lengkap.
Positif
7
22
Saya senang menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
Positif
8
23
Saya senang menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.
Positif
8

Berpikir Evaluatif


24
Saya takut salah untuk mencetuskan pendangan saya mengenai suatu hal.
Negatif
4
25
Pendapat yang saya kemukakan adalah atas dasar sudut pandang sendiri.
Positif
9
26
Saya mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain.
Negatif
4
27
Saya memiliki alasan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk setiap pendapat saya.
Positif
7
28
Saya kebingungan untuk menentukan pendapat yang menurut saya benar.
Negatif
3
29
Saya dapat mempertahankan pendapat yang saya setujui.
Positif
8
30
Saya malas bertanya kepada guru atau mencari sumber lain untuk mengetahui pendapat mana yang benar.
Negatif
4

Jumlah Skor

150

Dari rencana analisis tersebut diperoleh:
·         Skor maksimal tiap responden adalah 9.
·         Skor minimal tiap pernyataan adalah 1.
·         Median dari skor tiap pernyataan adalah 0.5 (9 + 1) = 5.
·         Kriteria sikap responden berdasarkan rata-rata skor tiap pernyataan:
Sikap Positif
5  ≤ x
Sikap Negatif
       x < 5

2 komentar:

  1. Ini dia informasi yang sangat bermanfaat bagi saya, terima kasih telah berbagi ya mbak...

    BalasHapus
  2. Mba intan, minta tolong kirim cara buatnya mba.
    saya lagi menyusun skripsi dan bingung cara buat Skala Thurstone.
    tlong ya mba

    BalasHapus

Silakan meninggalkan komentar ^_^