KISI-KISI INSTRUMEN AFEKTIF
SKALA THURSTONE
KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF
MATEMATIS
Skala
Thurstone ini disusun atas tiga puluh pernyataan berhubungan dengan kompetensi
berpikir kreatif matematis pada pembelajaran materi kubus dan balok yang
terdiri dari lima belas pernyataan bernilai positif dan lima belas pernyataan
bernilai negative. Responden diminta memilih lima belas pernyataan dari tiga
puluh pernyataan yang paling sesuai dengan keadaan objektif responden saan
melaksanakan pembelajaran matematika. pemberian bobot skor untuk masing-masing
pernyataan dapat dilihat pada table berikut.
|
No
|
Pernyataan
|
Jenis
|
Skor
|
|
|
Berpikir Lancar
|
|
|
|
1
|
Saya mengajukan banyak pertanyaan saat
pembelajaran kubus dan balok berlangsung.
|
Positif
|
8
|
|
2
|
Pertanyaan muncul saat ada hal yang kurang
jelas dan detail saat guru menerangkan materi kubus dan balok.
|
Positif
|
6
|
|
3
|
Saya menjawab pertanyaan guru dengan satu
jawaban saja.
|
Negatif
|
3
|
|
4
|
Saya berusaha memberikan jawaban yang unik
yang tidak terpikirkan oleh teman-teman yang lain.
|
Positif
|
9
|
|
5
|
Saya memiliki banyak gagasan atau pendapat
mengenai masalah atau persoalan yang diberikan guru tentang kubus dan balok.
|
Positif
|
8
|
|
6
|
Saya sulit mengungkapkan gagasan-gagasan yang
saya miliki.
|
Negatif
|
2
|
|
7
|
Saya menyelesaikan masalah atau soal lebih
lambat dari teman-teman saya.
|
Negatif
|
1
|
|
8
|
Saya mengerjakan soal atau tugas lebih sedikit
dari teman-teman saya.
|
Negatif
|
2
|
|
|
Berpikir Luwes
|
|
|
|
9
|
Saya memiliki berbagai macam penafsiran
terhadap suatu gambar kubus.
|
Positif
|
6
|
|
10
|
Saya memiliki berbagai macam penafsiran
terhadap suatu gambar balok.
|
Positif
|
6
|
|
11
|
Saya memiliki berbagai macam penafsiran
terhadap suatu cerita atau masalah yang diberikan guru.
|
Positif
|
6
|
|
12
|
Saya mengerjakan soal dengan langkah sama
seperti yang diajarkan guru.
|
Negatif
|
3
|
|
13
|
Saya memikirkan bermacam-macam cara yang
berbeda untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
|
Positif
|
7
|
|
|
Berpikir Original
|
|
|
|
14
|
Saya dapat memikirkan hal yang tidak
terpikirkan oleh orang lain.
|
Positif
|
9
|
|
15
|
Saya bingung ketika diperlihatkan suatu kubus
atau balok dari sisi yang berbeda atau dengan cara yang tidak seperti biasa.
|
Negatif
|
2
|
|
16
|
Saya bingung ketika guru memberikan soal yang
berbeda dari contoh.
|
Negatif
|
1
|
|
17
|
Saya hanya terpikirkan cara-cara yang
diajarkan guru untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
|
Negatif
|
1
|
|
18
|
Saya memilih cara berpikir seperti teman-teman
yang lain karena takut pemikiran saya bernilai salah.
|
Negatif
|
2
|
|
|
Berpikir Elaborasi
|
|
|
|
19
|
Saya percaya atas jawaban yang diberikan guru
dalam setiap soal yang diberikan sebagai contoh.
|
Negatif
|
3
|
|
20
|
Saya percaya atas jawaban yang diberikan teman
dalam setiap soal yang diberikan sebagai latihan.
|
Negatif
|
3
|
|
21
|
Saya senang menambahkan pendapat teman setelah
dia memberikan pendapatnya sehingga pendapat saya lebih lengkap.
|
Positif
|
7
|
|
22
|
Saya senang menambahkan garis-garis,
warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
|
Positif
|
8
|
|
23
|
Saya senang menambahkan garis-garis,
warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.
|
Positif
|
8
|
|
|
Berpikir Evaluatif
|
|
|
|
24
|
Saya takut salah untuk mencetuskan pendangan
saya mengenai suatu hal.
|
Negatif
|
4
|
|
25
|
Pendapat yang saya kemukakan adalah atas dasar
sudut pandang sendiri.
|
Positif
|
9
|
|
26
|
Saya mudah terpengaruh dengan pendapat orang
lain.
|
Negatif
|
4
|
|
27
|
Saya memiliki alasan yang dapat
dipertanggungjawabkan untuk setiap pendapat saya.
|
Positif
|
7
|
|
28
|
Saya kebingungan untuk menentukan pendapat
yang menurut saya benar.
|
Negatif
|
3
|
|
29
|
Saya dapat mempertahankan pendapat yang saya
setujui.
|
Positif
|
8
|
|
30
|
Saya malas bertanya kepada guru atau mencari
sumber lain untuk mengetahui pendapat mana yang benar.
|
Negatif
|
4
|
|
Jumlah Skor
|
150
|
Dari
rencana analisis tersebut diperoleh:
·
Skor maksimal tiap responden adalah 9.
·
Skor minimal tiap pernyataan adalah 1.
·
Median dari skor tiap pernyataan adalah
0.5 (9 + 1) = 5.
·
Kriteria sikap responden berdasarkan
rata-rata skor tiap pernyataan:
|
Sikap Positif
|
5 ≤ x
|
|
Sikap Negatif
|
x < 5
|
Ini dia informasi yang sangat bermanfaat bagi saya, terima kasih telah berbagi ya mbak...
BalasHapusMba intan, minta tolong kirim cara buatnya mba.
BalasHapussaya lagi menyusun skripsi dan bingung cara buat Skala Thurstone.
tlong ya mba