INTAN CAHYANINGRUM - MAHASISWI PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI2011 - @intancynm

Kamis, 05 September 2013

Contoh Kisi-kisi Instrumen Afektif Skala Guttman Kompetensi Berpikir Kreatif Matematis



KISI-KISI INSTRUMEN AFEKTIF
SKALA GUTTMAN
KOMPETENSI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Skala Guttman ini disusun atas 30 pernyataan positif yang disesuaikan dengan indicator kompetensi berpikir kreatif amtematis pada pemebelajaran materi kubus dan balok. Pernyataan-pernyataan disusun sedemikian rupa sehingga pernyataan satu dan yang lain saling terkait. Responden diminta menjawab dengan memilih 2 opsi setara, yaitu ya atau tidak. Pemberian bobot skor untuk pilihan ya adalah 1 dan untuk pilihan tidak diberi skor 0. Hal ini disebabkan karena seluruh pernyatan bernilai positif. Kisi-kisi selengkapnya tertera pada table berikut.
 
No
Pernyataan
Indikator
Skor
YA
TDK
1
Saya dapat memikirkan hal yang tidak terpikirkan oleh orang lain.
Berpikir Original
1
0
2
Saya mengerti ketika diperlihatkan suatu kubus atau balok dari sisi yang berbeda atau dengan cara yang tidak seperti biasa.
Berpikir Original
1
0
3
Saya mengerti ketika guru memberikan soal yang berbeda dari contoh.
Berpikir Original
1
0
4
Saya  terpikirkan cara-cara yang baru untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
Berpikir Original
1
0
5
Saya memilih cara berpikir yang unik yang berbeda dari teman-teman yang lain.
Berpikir Original
1
0
6
Saya mengecek kembali jawaban yang diberikan guru dalam setiap soal yang diberikan sebagai contoh.
Berpikir Elaborasi
1
0
7
Saya mengecek kembali atas jawaban yang diberikan teman dalam setiap soal yang diberikan sebagai latihan.
Berpikir Elaborasi
1
0
8
Saya mengajukan banyak pertanyaan saat pembelajaran kubus dan balok berlangsung.
Berpikir Lancar
1
0
9
Pertanyaan muncul saat ada hal yang kurang jelas dan detail saat guru menerangkan materi kubus dan balok.
Berpikir Lancar
1
0
10
Saya berusaha memberikan jawaban yang unik yang tidak terpikirkan oleh teman-teman yang lain.
Berpikir Lancar
1
0
11
Saya memikirkan bermacam-macam cara yang berbeda untuk menyelesaikan sebuah persoalan.
Berpikir Luwes
1
0
12
Saya menjawab pertanyaan guru dengan lebih dari satu jawaban..
Berpikir Lancar
1
0
13
Saya menyelesaikan masalah atau soal lebih cepat dari teman-teman saya.
Berpikir Lancar
1
0
14
Saya mengerjakan soal atau tugas lebih banyak dari teman-teman saya.
Berpikir Lancar
1
0
15
Saya mengerjakan soal dengan cara sendiri yaitu dengan langkah berbeda dari yang diajarkan guru.
Berpikir Luwes
1
0
16
Saya bertanya kepada guru atau mencari sumber lain untuk mengetahui pendapat mana yang benar.
Berpikir Evaluatif
1
0
17
Saya memiliki berbagai macam penafsiran terhadap suatu gambar kubus.
Berpikir Luwes
1
0
18
Saya memiliki berbagai macam penafsiran terhadap suatu gambar balok.
Berpikir Luwes
1
0
19
Saya memiliki berbagai macam penafsiran terhadap suatu cerita atau masalah yang diberikan guru.
Berpikir Luwes
1
0
20
Saya memiliki banyak gagasan atau pendapat mengenai masalah atau persoalan yang diberikan guru tentang kubus dan balok.
Berpikir Lancar
1
0
21
Saya senang menambahkan pendapat teman setelah dia memberikan pendapatnya sehingga pendapat saya lebih lengkap.
Berpikir Elaborasi
1
0
22
Saya senang menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik saya sendiri.
Berpikir Elaborasi
1
0
23
Saya senang menambahkan garis-garis, warna-warna, dan detail-detail terhadap gambar milik orang lain.
Berpikir Elaborasi
1
0
24
Saya mampu mengungkapkan gagasan-gagasan yang saya miliki.
Berpikir Lancar
1
0
25
Pendapat yang saya kemukakan adalah atas dasar sudut pandang sendiri.
Berpikir Evaluatif
1
0
26
Saya memiliki alasan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk setiap pendapat saya.
Berpikir Evaluatif
1
0
27
Saya dapat mempertahankan pendapat yang saya setujui.
Berpikir Evaluatif
1
0
28
Saya berani untuk mencetuskan pendangan saya mengenai suatu hal.
Berpikir Evaluatif
1
0
29
Saya sulit terpengaruh dengan pendapat orang lain.
Berpikir Evaluatif
1
0
30
Saya mampu  menentukan pendapat yang menurut saya benar.
Berpikir Evaluatif
1
0

Diperoleh:
·         Skor maksimal tiap responden adalah 30.
·         Skor minimal tiap responden adalah 0.
·         Median dari skor tiap responden adalah 0.5 (30 + 0) = 15.
·         Kuartil I dari skor tiap responden adalah 0.25 (30 + 0) = 7.5.
·         Kuartil III dari skor tiap responden adalah 0.75 (30 + 0) = 22.5.
·         Kriteria sikap responden berdasarkan rata-rata skor:
Sikap Sangat Positif
22.5 < x ≤ 30
Sikap Positif
   15 < x ≤ 22.5
Sikap Negatif
  7.5 < x ≤ 15
Sikap Sangat Negatif
   0 ≤ x ≤ 7.5

3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali, terima kasih ya admin...

    BalasHapus
  2. bagaimana kalau hanya mempunyai 2 responden sahaja? dengan menggunakan skala "ya" "tidak" ...bagaimana membuat pengiraan?? terima kasih..

    BalasHapus

Silakan meninggalkan komentar ^_^